Rabu, 07 Mei 2014

Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI



Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI Harga dan Spesifikasi



Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI telah diluncurkan oleh pabrikan asal Jepang, Honda. Kehadiran Honda Vario Techno 125 cc ini rupanya untuk memperkuat barisan motor skuter matik Honda dari pesaing terdekatnya Yamaha.

Peluncuran Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI membuat kalangan bikers yang gemar motor matic menjadi tercengang. Hal ini disebabkan Vario Techno yang selain mempunyai kapasitas mesin 125 cc juga sudah dibekali teknologi motor terbaru dilepas dengan harga yang sama dengan Vario Techno versi sebelumnya yang 110 cc.

Pada Honda Vario Techno 125 cc teknologi terbaru yang dijejalkan adalah sudah mengaplikasikan teknologi mesin injeksi yang oleh pabrikan Honda disebut dengan teknologi PGM-Fi. Honda Vario Techno 125 cc dilaunching dengan 2 varian yaitu CBS (Combi Brake System) dan Non CBS. Harga untuk Honda Vario Techno 125 cc PGM-Fi CBS dilepas di pasaran dengan harga 15,9 juta dan untuk yang Non CBS sebesar 15,1 juta.

Honda Vario Techno 125 cc selain sudah dilengkapi teknologi PGM-Fi, pada mesinnya juga sudah mengaplikasikan teknologi baru yang diberi nama eSP (enhanced Smart Power). Penggunaan teknologi baru pada mesin Honda Vario Techno 125 cc memberikan nilai lebih terhadap penggunaan BBM menjadi lebih irit dan efisiensi. Hal ini terbukti setelah diukur dengan menggunakan metode CE 40 Honda Vario Techno 125 cc lebih irit 30% dari Honda Vario Techno 110 cc. 1 liter bensin mampu melahap 52,1 km (dengan cara pemakaian yang normal). Selain irit Honda Vario Techno 125 cc mempunyai akselerasi paling responsif di kelas motor matic 125 cc. Pada jarak 200 meter mampu ditempuh dalam waktu 12,8 detik.

Teknologi ACG Starter sudah termasuk salah satu fitur Honda Vario Techno 125 cc. Dengan teknologi ini pada saat kita menstarter motor menjadi sangat halus karena tidak ada tumbukan dan gesekan seperti halnya motor konvensional. Untuk bagasi Honda Vario Techno 125 cc sudah mempunyai kapasitas besar yaitu 18 liter dan mampu menampung helm fullface bawaan Honda. Cara membuka jok pun menjadi lebih mudah dengan adanya tombol yang terdapat di sebelah kunci kontak utama. Membuat pengendara lebih mudah saat melakukan pengisian bensin dan memasukkan barang ke bagasi. Kapasitas tangki bahan bakar juga cukup besar yaitu sebesar 5,5 liter. Fitur yang lainnya masih sama dengan Honda Vario Techno 110 cc yaitu Side Stand, motor tidak bisa distarter ketika standar samping belum dinaikkan, brake lock yang berfungsi mengunci rem ketika kita berhenti pada saat posisi menanjak.

Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI Spesifikasi Lengkap

  • Panjang X Lebar X Tinggi : 1.918 x 689 x 1.103 mm

  • Jarak Sumbu Roda : 1.281 mm

  • Jarak terendah ke tanah: 128 mm

  • Berat kosong : 112 kg

  • Rangka : Tipe tulang punggung

  • Suspensi depan : Teleskopik

  • Suspensi belakang : Shockbreaker tunggal (monoshock)

  • Ban depan : ukuran 80/90  14 M/C 40P

  • Ban belakang : ukuran 90/90  14 M/C 46P

  • Rem depan : Cakram hidrolik,  piston tunggal

  • Rem belakang : Tromol

  • Kapasitas tangki bahan bakar : 5,5 liter

  • Mesin : Tipe 4 langkah, SOHC

  • Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm

  • Volume silinder : 124,8 cc

  • Kompresi : 11,0 : 1

  • Daya Maksimum : 11.3 PS pada 8.500 rpm

  • Torsi Maksimum : 1.1 kgf.m pada 5.000 rpm

  • Kapasitas oli : 0,8 liter pada penggantian periodik

  • Tipe Kopling : Kering, Otomatis, sentrifugal

  • Gigi Transmsi : Otomatis, V-Matic

  • Starter : elektrik dan pedal starter

  • Sistem bahan bakar: injeksi

  • Aki : 12 V 5 A.h (tipe MF)

  • Busi : Tipe ND U22EPR-9 atau NGK CPR7EA-9

  • Sistem Pengapian : Full Transisterize dan Baterai


                                               
Keunggulan Teknologi Injeksi Dan Fitur Honda Vario Techno 125 PGM-FI

Perkembangan industri motor di Indonesia melaju sangat pesat. Kini, masyarakat ditawari banyak pilihan baru sepeda motor dengan teknologi yang lengkap bisa didapat dengan harga yang masuk akal. Tidak terkecuali salah satu produsen kendaraan bermotor terbesar di Indonesia, yaitu Honda. Produk kendaraan bermotor yang dikeluarkan oleh Honda selalu dikenal dengan keunggulannya yang irit bahan bakar. Berawal dari rasa keinginan untuk terus berinovasi, kemudian Honda mengeluarkan produk Honda Vario dengan teknologi PGM – FI (Programmed Fuel Injection) yang merupakan sistem suplai bahan bakar yang cerdas dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik injeksi yang irit serta ramah terhadap lingkungan.
Honda Vario Techno 125 PGM-FI memperoleh penghargaan sebagai Bike Of The Year 2012 pada Oktober lalu oleh salah satu majalah otomotif terkemuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan Honda Vario memiliki keunggulan teknologi, spesifikasi, dan beragam fitur yang ditawarkan. Ditambah dengan harga yang mampu bersaing sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan.
Teknologi injeksi pada Honda Vario Techno 125 PGM-FI berarti komposisi antara bahan bakar dan oksigen mampu dikendalikan secara optimal agar dapat menghasilkan pembakaran yang lebih efisien yang umumnya dibutuhkan pada kendaraan bermotor. Peran sistem injeksi ini adalah sebagai komponen sensor yang bertugas mengirimkan sinyal ke pusat kontrol mesin lalu memberi sinyal perintah pada komponen output yang ada di dalam mesin agar mampu menghasilkan tenaga yang optimal dan mengeluarkan emisi yang bersahabat dengan lingkungan.
Honda Vario PGM-FI tidak terlalu sulit dalam hal perawatan, karena teknologi sepeda motor injeksi ini didukung oleh teknologi MIL (Malfunction Indicator Lamp) yang merupakan sistem kendali secara elektronik untuk melakukan identifikasi jika ada gangguan pada mesin melalui jumlah kedipan pada lampu. Hal ini sangat membantu dalam hal perawatan. Perpaduan antara catalytic converter dan sensor O2 yang ada di dalam motor berteknologi PGM-FI mampu membuat Honda Vario lebih ramah lingkungan karena kadar gas buang yang menghasilkan emisi mampu ditekan hingga sebesar 90%. Hal ini sesuai dengan standar regulasi yang ditetapkan EURO 3 agar menjaga udara lingkungan tetap bersih.
Teknologi sistem injeksi pada Honda Vario Techno 125 PGM-FI yang mampu menghasilkan tenaga optimal karena pengendalian komposisi antara bahan bakar dan oksigen sehingga irit bahan bakar dan menghasilkan pembakaran yang lebih efisien hingga sebesar 17%. Keunggulan teknologi injeksi pada kendaraan bermotor Honda adalah mesin lebih gampang untuk dihidupkan, baik dalam segala macam kondisi suhu udara, di lokasi dengan berapa pun ketinggiannya, atau bahkan setelah sekian lama mesin tidak dihidupkan. Hal ini diakibatkan oleh akselerasi yang responsif akibat pengaturan kinerja mesin yang sudah terprogram dengan baik di setiap putaran mesin Honda Vario. Bahkan, teknologi injeksi tersebut diimplementasikan pada motor yang berlaga di kejuaraan balap seperti MotoGP.
Honda Vario PGM-FI hadir dengan fitur yang memanjakan dan beragam sesuai dengan kebutuhan banyak orang dan lengkap dengan teknologi yang memudahkan kinerja pengendara motor. Misalnya kombinasi panel digital dan analog yang merupakan inovasi terbaik karena telah menggunakan sistem elektrik. Lampu depan yang berdesain Dual Keen Eyes tampil lebih classy dan agresif dalam melawan gelap, dilengkapi juga dengan lampu belakang yang agresif dan stabil. Bagasi Helm-In 18 liter yang multifungsi, mampu menyimpan barang dan atau helm full face. Kombinasi kunci kontak yang terintegrasi dengan tombol pembuka seat merupakan inovasi terbaru dan memudahkan.
Fitur lain Honda Vario adalah handle brake lock atau rem tangan. Yang berfungsi pada saat parkir ditempat yang menanjak atau menurun, sepeda motor tidak akan meluncur, karena roda belakang terkunci. Untuk mengoperasikan system pengaman ini, tinggal tarik tuas rem belakang, kemudian tarik kearah yang sama tuas kecil yang berada didepan handle rem. Kemudian lepaskan handle rem, maka handle rem belakang akan terkunci, begitu juga roda belakang juga akan terkunci. 
Side Stand Switch  
Untuk keselamatan pengendara, Honda Vario dilengkapi dengan side stand switch atau saklar pengaman yang berapa di standar samping. Fungsi dari alat ini adalah mesin tidak bisa hidup, jika standar samping masih pada posisi turun. Ini untuk menghindari kecelakan yang biasa disebabkan oleh karena pengendara yang lupa menaikkan standar samping. Switch ini terhubung dengan modul mesin yang akan memberikan sinyal sesuai dengan  posisi standar samping.

Teknologi dan Tips Perawatan Honda Vario
Mesin 4 tak 110 cc Built In Liquid Cooled Radiator. Honda Vario dilengkapi dengan mesin 4 tak 110 cc,  dan berpendingin radiator. Mesin Honda Vario mempunyai perbandingan kompresi 10,7 : 1, sehingga dengan kapasitas mesin yang 110 cc, dapat menghasilkan tenaga yang besar. Radiator berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin selalu dalam kondisi stabil, dan membuat mesin lebih awet.
Radiator Honda Vario terbuat dari aluminium yang dilengkapi dengan kipas radiator yang menyatu dengan mesin. Sehingga lebih cepat membuang panas mesin dan efisien dalam menjaga suhu mesin.
Karena dilengkapi dengan radiator pendingin, maka pemakai Honda Vario wajib rajin memeriksa kondisi system pendingin. Baik itu kebocoran, jumlah cairan pendingin, dan kondisi cairan pendingin itu sendiri. Cairan pendingin (radiator coolant) tidak boleh di ganti dengan air biasa. Cairan pendingin radiator terbuat dari formula khusus, yang kegunaannya antara lain : tidak mudah mendidih, tidak mudah menguap, dan tidak mudah menimbulkan korosi/karat. Maka agar mesin awet, disarankan selalu melakukan pemeriksaan rutin dan mengganti cairan pendingin dengan yang baru setiap 10.000 km, atau 1 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu.
          
Transmisi Otomatis
                                      
Honda Vario dilengkapi dengan penyalur tenaga transmisi otomatis. Sehingga sangat mudah dioperasikan, karena tidak diperlukan perpindahan gigi transmisi secara manual. Tinggal starter, gas, dan jalan. Penyaluran tenaga dari mesin untuk memutar roda belakang dihubungkan oleh sabuk atau yang biasa disebut belt, yang berbentuk huruf “V”, maka kadang ada yang menyebut V – Belt. Agar performa sepeda motor selalu dalam kondisi baik, maka wajib dilakukan pemeriksaan kondisi belt secara berkala.
Tujuannya adalah untuk membersihkan debu – debu yang berada diruang belt, yang dapat menyebabkan terganggunya proses pemindahan/penyaluran tenaga (biasanya selip). Dan disarankan untuk menggantinya setiap 24.000 km.

Karburator + Cuk Otomatis

Karburator Honda Vario menggunakan type Vacuum Karburator. Cara kerja karburator model ini adalah, kabel gas tidak langsung terhubung dengan skep karburator, seperti model konvensional. Keuntungan menggunakan karburator type ini adalah bahan bakar masuk kedalam mesin sesuai dengan kebutuhan mesin itu sendiri, berdasarkan kevakuman yang terjadi di intake manifold. Sehingga hal ini akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar yang efisien. Sebagai komponen mesin yang sangat fital, maka karburator wajib dibersihkan setiap 2000 km. Karburator Honda Vario juga dilengkapi dengan cuk otomatis. Pada saat mesin dingin cuk otomatis akan bekerja, yang membantu mempermudah mesin hidup saat di start awal. Dan pada saat mesin sudah panas maka cuk otomatis tidak bekerja.  Sehingga sangat praktis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar