Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI Harga dan Spesifikasi
Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI telah diluncurkan oleh pabrikan asal Jepang, Honda. Kehadiran Honda Vario Techno 125 cc ini rupanya untuk memperkuat barisan motor skuter matik Honda dari pesaing terdekatnya Yamaha.
Peluncuran Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI membuat kalangan bikers yang gemar motor matic menjadi tercengang. Hal ini disebabkan Vario Techno yang selain mempunyai kapasitas mesin 125 cc juga sudah dibekali teknologi motor terbaru dilepas dengan harga yang sama dengan Vario Techno versi sebelumnya yang 110 cc.
Pada Honda Vario Techno 125 cc teknologi terbaru yang dijejalkan adalah sudah mengaplikasikan teknologi mesin injeksi yang oleh pabrikan Honda disebut dengan teknologi PGM-Fi. Honda Vario Techno 125 cc dilaunching dengan 2 varian yaitu CBS (Combi Brake System) dan Non CBS. Harga untuk Honda Vario Techno 125 cc PGM-Fi CBS dilepas di pasaran dengan harga 15,9 juta dan untuk yang Non CBS sebesar 15,1 juta.
Honda Vario Techno 125 cc selain sudah dilengkapi teknologi PGM-Fi, pada mesinnya juga sudah mengaplikasikan teknologi baru yang diberi nama eSP (enhanced Smart Power). Penggunaan teknologi baru pada mesin Honda Vario Techno 125 cc memberikan nilai lebih terhadap penggunaan BBM menjadi lebih irit dan efisiensi. Hal ini terbukti setelah diukur dengan menggunakan metode CE 40 Honda Vario Techno 125 cc lebih irit 30% dari Honda Vario Techno 110 cc. 1 liter bensin mampu melahap 52,1 km (dengan cara pemakaian yang normal). Selain irit Honda Vario Techno 125 cc mempunyai akselerasi paling responsif di kelas motor matic 125 cc. Pada jarak 200 meter mampu ditempuh dalam waktu 12,8 detik.
Teknologi ACG Starter sudah termasuk salah satu fitur Honda Vario Techno 125 cc. Dengan teknologi ini pada saat kita menstarter motor menjadi sangat halus karena tidak ada tumbukan dan gesekan seperti halnya motor konvensional. Untuk bagasi Honda Vario Techno 125 cc sudah mempunyai kapasitas besar yaitu 18 liter dan mampu menampung helm fullface bawaan Honda. Cara membuka jok pun menjadi lebih mudah dengan adanya tombol yang terdapat di sebelah kunci kontak utama. Membuat pengendara lebih mudah saat melakukan pengisian bensin dan memasukkan barang ke bagasi. Kapasitas tangki bahan bakar juga cukup besar yaitu sebesar 5,5 liter. Fitur yang lainnya masih sama dengan Honda Vario Techno 110 cc yaitu Side Stand, motor tidak bisa distarter ketika standar samping belum dinaikkan, brake lock yang berfungsi mengunci rem ketika kita berhenti pada saat posisi menanjak.
Honda Vario Techno 125 cc PGM-FI Spesifikasi Lengkap
Panjang X Lebar X Tinggi : 1.918 x 689 x 1.103 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.281 mm
Jarak terendah ke tanah: 128 mm
Berat kosong : 112 kg
Rangka : Tipe tulang punggung
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Shockbreaker tunggal (monoshock)
Ban depan : ukuran 80/90 14 M/C 40P
Ban belakang : ukuran 90/90 14 M/C 46P
Rem depan : Cakram hidrolik, piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 5,5 liter
Mesin : Tipe 4 langkah, SOHC
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume silinder : 124,8 cc
Kompresi : 11,0 : 1
Daya Maksimum : 11.3 PS pada 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 1.1 kgf.m pada 5.000 rpm
Kapasitas oli : 0,8 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling : Kering, Otomatis, sentrifugal
Gigi Transmsi : Otomatis, V-Matic
Starter : elektrik dan pedal starter
Sistem bahan bakar: injeksi
Aki : 12 V 5 A.h (tipe MF)
Busi : Tipe ND U22EPR-9 atau NGK CPR7EA-9
Sistem Pengapian : Full Transisterize dan Baterai
Keunggulan Teknologi Injeksi Dan Fitur Honda Vario
Techno 125 PGM-FI
Perkembangan industri motor di Indonesia
melaju sangat pesat. Kini, masyarakat ditawari banyak pilihan baru sepeda motor
dengan teknologi yang lengkap bisa didapat dengan harga yang masuk akal. Tidak
terkecuali salah satu produsen kendaraan bermotor terbesar di Indonesia, yaitu
Honda. Produk kendaraan bermotor yang dikeluarkan oleh Honda selalu dikenal
dengan keunggulannya yang irit bahan bakar. Berawal dari rasa keinginan untuk
terus berinovasi, kemudian Honda mengeluarkan produk Honda Vario dengan
teknologi PGM – FI (Programmed Fuel Injection) yang merupakan
sistem suplai bahan bakar yang cerdas dengan menggunakan teknologi kontrol
secara elektronik injeksi yang irit serta ramah terhadap lingkungan.
Honda Vario Techno 125 PGM-FI
memperoleh penghargaan sebagai Bike Of The Year 2012 pada Oktober lalu oleh
salah satu majalah otomotif terkemuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan Honda
Vario memiliki keunggulan teknologi, spesifikasi, dan beragam fitur
yang ditawarkan. Ditambah dengan harga yang mampu bersaing sesuai dengan
kualitas produk yang ditawarkan.
Teknologi injeksi pada Honda
Vario Techno 125 PGM-FI berarti komposisi antara bahan bakar dan oksigen
mampu dikendalikan secara optimal agar dapat menghasilkan pembakaran yang lebih
efisien yang umumnya dibutuhkan pada kendaraan bermotor. Peran sistem injeksi
ini adalah sebagai komponen sensor yang bertugas mengirimkan sinyal ke pusat
kontrol mesin lalu memberi sinyal perintah pada komponen output yang
ada di dalam mesin agar mampu menghasilkan tenaga yang optimal dan mengeluarkan
emisi yang bersahabat dengan lingkungan.
Honda Vario PGM-FI tidak
terlalu sulit dalam hal perawatan, karena teknologi sepeda motor injeksi ini
didukung oleh teknologi MIL (Malfunction Indicator Lamp) yang
merupakan sistem kendali secara elektronik untuk melakukan identifikasi jika
ada gangguan pada mesin melalui jumlah kedipan pada lampu. Hal ini sangat
membantu dalam hal perawatan. Perpaduan antara catalytic
converter dan sensor O2 yang ada di dalam motor berteknologi PGM-FI
mampu membuat
Honda Vario lebih ramah lingkungan karena kadar gas buang yang
menghasilkan emisi mampu ditekan hingga sebesar 90%. Hal ini sesuai dengan
standar regulasi yang ditetapkan EURO 3 agar menjaga udara lingkungan tetap
bersih.
Teknologi sistem injeksi pada Honda
Vario Techno 125 PGM-FI yang mampu menghasilkan tenaga optimal karena
pengendalian komposisi antara bahan bakar dan oksigen sehingga irit bahan bakar
dan menghasilkan pembakaran yang lebih efisien hingga sebesar 17%. Keunggulan
teknologi injeksi pada kendaraan bermotor Honda adalah mesin lebih gampang
untuk dihidupkan, baik dalam segala macam kondisi suhu udara, di lokasi dengan
berapa pun ketinggiannya, atau bahkan setelah sekian lama mesin tidak
dihidupkan. Hal ini diakibatkan oleh akselerasi yang responsif akibat pengaturan
kinerja mesin yang sudah terprogram dengan baik di setiap putaran mesin Honda
Vario. Bahkan, teknologi injeksi tersebut diimplementasikan pada motor yang
berlaga di kejuaraan balap seperti MotoGP.
Honda Vario PGM-FI hadir dengan
fitur yang memanjakan dan beragam sesuai dengan kebutuhan banyak orang dan
lengkap dengan teknologi yang memudahkan kinerja pengendara motor. Misalnya
kombinasi panel digital dan analog yang merupakan inovasi
terbaik karena telah menggunakan sistem elektrik. Lampu depan yang
berdesain Dual Keen Eyes tampil lebih classy dan
agresif dalam melawan gelap, dilengkapi juga dengan lampu belakang yang agresif
dan stabil. Bagasi Helm-In 18 liter yang multifungsi, mampu
menyimpan barang dan atau helm full face. Kombinasi kunci
kontak yang terintegrasi dengan tombol pembuka seat merupakan
inovasi terbaru dan memudahkan.
Fitur lain Honda Vario adalah handle
brake lock atau rem tangan. Yang berfungsi pada saat parkir ditempat yang
menanjak atau menurun, sepeda motor tidak akan meluncur, karena roda belakang
terkunci. Untuk mengoperasikan system pengaman ini, tinggal tarik tuas rem
belakang, kemudian tarik kearah yang sama tuas kecil yang berada didepan handle
rem. Kemudian lepaskan handle rem, maka handle rem belakang akan terkunci,
begitu juga roda belakang juga akan terkunci.
Side Stand Switch
Untuk keselamatan pengendara, Honda
Vario dilengkapi dengan side stand switch atau saklar pengaman yang berapa di
standar samping. Fungsi dari alat ini adalah mesin tidak bisa hidup, jika
standar samping masih pada posisi turun. Ini untuk menghindari kecelakan yang
biasa disebabkan oleh karena pengendara yang lupa menaikkan standar samping. Switch
ini terhubung dengan modul mesin yang akan memberikan sinyal sesuai
dengan posisi standar samping.
Teknologi dan Tips Perawatan Honda Vario
Mesin 4 tak 110 cc Built In Liquid Cooled Radiator. Honda
Vario dilengkapi dengan mesin 4 tak 110 cc, dan berpendingin radiator.
Mesin Honda Vario mempunyai perbandingan kompresi 10,7 : 1, sehingga dengan
kapasitas mesin yang 110 cc, dapat menghasilkan tenaga yang besar. Radiator
berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin selalu dalam kondisi stabil, dan
membuat mesin lebih awet.
Radiator Honda Vario terbuat dari aluminium yang dilengkapi
dengan kipas radiator yang menyatu dengan mesin. Sehingga lebih cepat membuang
panas mesin dan efisien dalam menjaga suhu mesin.
Karena dilengkapi dengan radiator pendingin, maka pemakai
Honda Vario wajib rajin memeriksa kondisi system pendingin. Baik itu kebocoran,
jumlah cairan pendingin, dan kondisi cairan pendingin itu sendiri. Cairan
pendingin (radiator coolant) tidak boleh di ganti dengan air biasa. Cairan
pendingin radiator terbuat dari formula khusus, yang kegunaannya antara lain :
tidak mudah mendidih, tidak mudah menguap, dan tidak mudah menimbulkan
korosi/karat. Maka agar mesin awet, disarankan selalu melakukan pemeriksaan
rutin dan mengganti cairan pendingin dengan yang baru setiap 10.000 km, atau 1
tahun, mana yang tercapai lebih dahulu.
Transmisi Otomatis
Honda Vario dilengkapi dengan penyalur tenaga transmisi
otomatis. Sehingga sangat mudah dioperasikan, karena tidak diperlukan
perpindahan gigi transmisi secara manual. Tinggal starter, gas, dan jalan.
Penyaluran tenaga dari mesin untuk memutar roda belakang dihubungkan oleh sabuk
atau yang biasa disebut belt, yang berbentuk huruf “V”, maka kadang ada yang
menyebut V – Belt. Agar performa sepeda motor selalu dalam kondisi baik, maka
wajib dilakukan pemeriksaan kondisi belt secara berkala.
Tujuannya adalah untuk membersihkan debu – debu yang berada
diruang belt, yang dapat menyebabkan terganggunya proses pemindahan/penyaluran
tenaga (biasanya selip). Dan disarankan untuk menggantinya setiap 24.000 km.
Karburator + Cuk Otomatis
Karburator Honda Vario menggunakan type Vacuum Karburator.
Cara kerja karburator model ini adalah, kabel gas tidak langsung terhubung
dengan skep karburator, seperti model konvensional. Keuntungan menggunakan
karburator type ini adalah bahan bakar masuk kedalam mesin sesuai dengan
kebutuhan mesin itu sendiri, berdasarkan kevakuman yang terjadi di intake
manifold. Sehingga hal ini akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar yang
efisien. Sebagai komponen mesin yang sangat fital, maka karburator wajib
dibersihkan setiap 2000 km. Karburator Honda Vario juga dilengkapi dengan cuk
otomatis. Pada saat mesin dingin cuk otomatis akan bekerja, yang membantu
mempermudah mesin hidup saat di start awal. Dan pada saat mesin sudah panas
maka cuk otomatis tidak bekerja. Sehingga sangat praktis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar